Iklan

, Juli 02, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-02T01:00:20Z

Sebagai Wujud Syukur, Masyarakat Dusun Tanak Muat Gelar Roah Bedugul | Daily Lombok

Berbondong-bondong Masyarakat Dusun Tanak Muat mengikuti roah bedugul. 


Daily Lombok Utara - Masyarakat Dusun Tanak Muat menggelar acara adat yakni Roah Bedugul, dimana kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen melimpah yang diperoleh dan sebagai kegiatan adat tahunan masyarakat di diwilayah Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (1/7/3024). 




Kegiatan ini dihadiri Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu SH.,Camat Kayangan Siti Rukayah.,S.Pt.,Kepala Desa Kayanga Edi Kartono SE, para tokoh agama,tokoh adat serta undangan lainnya.



Kades Kayangan Edi Kartono menyampaikan Roah Bedugul diselenggarakan oleh masyarakat yang ada di Dusun Tanak Muat Desa Kayangan sebagai bentuk wujud syukur karena mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.


"Dimana acara ini diselenggarakan setiap  tahun oleh masyarakat kami, setelah musim panen dilakukan,"tuturnya.


Diselenggarakan acara roah bedugul dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat, selain itu sebagai warisan leluhur yang harus dilanjutkan.

Bupati H. Djohan Sjamsu SH saat memberikan sambutan 



"Agar generasi muda bisa lebih mengenal dan tidak melupakan budaya," katanya.


Kades dua Priode ini juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah agar akses jalan pertanian masyarakat yang amblas dikarenakan banjir beberapa bulan yang lalu dapat segera diperbaiki.


"Jembatan yang putus ini merupakan akses dan penghubung masyarakat kami dengan Dusun sebelah dan menjadi akses pertanian selama ini,"tuturnya.


Sementara itu Bupati Djohan menyampaikan Roah Bedugul merupakan ritual adat, sebagai bentuk wujud syukur kepada sang pencipta alam semesta atas apa yang diberikannya melalui hasil panen yang melimpah.


"Alhamdulillah dengan zikir dan do'a kita ungkapan rasa  kesyukuran pada Allah,"ucapnya.


Sebagai manusia tentunya sadar bahwa bersyukur tidak hanya bisa di lakukan melalui ucapan saja, tetapi juga bisa melalui perbuatan. salah satunya melalui ritual adat roah bedugul.


"Tentunya kita berharap  dan berdoa semoga hasil yang di dapatkan setiap tahunnya meningkat,"tuturnya.(rry/daily)

Terkini