Iklan

, April 09, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-09T21:03:30Z
EkonomiLingkunganNasional

Libur Lebaran, RSUD KLU Tetap Berikan Layanan Prima bagi Masyarakat Dayan Gunung | Daily Lombok

Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD KLU

Daily Lombok Utara - Libur lebaran telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, hampir seluruh pelayanan pemerintah tidak beroperasi, masa libur juga biasanya cukup panjang sehingga dapat menghambat pelayanan bagi kebutuhan masyarakat. Namun, libur panjang lebaran tidak membuat pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) terganggu. Kendati hari libur panjang, RSUD KLU tetap membuka dan menyediakan layanan prima bagi masyarakat Lombok Utara. Hal ini disampaikan Direktur RSUD KLU dr. I Made Suasa beberapa waktu lalu. 


"Kami berkomitmen tetap memberikan layanan yang prima bagi masyarakat kita. Memang ada beberapa hal yang diluar kebiasaan, tapi kita atur agar dapat berjalan guna memenuhi tuntutan pelayanan," ujar pimpinan rumah sakit itu, Senin (8/4/2024). 


Pengaturan yang dimaksud, seperti pelayanan rawat jalan, menurut pihak RSUD KLU, dialihkan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Selain itu mengenai tenaga telah diatur penjadwalannya khusus untuk libur lebaran tenaga di RSUD KLU dibuatkan surat tugas khusus atau rotasi penugasan. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan pelayanan saat libur lebaran. 


"Meski sedang libur, potensi penyakit tidak mengenal hari libur, oleh sebab itu tenaga juga kita jadwalkan dengan mengatur jadwalnya, kami siapkan SPT untuk mereka bertugas dengan sistem rotasi," tambah dr. Made (sapaan akrab dr. I Made Suasa). 


Direktur RSUD KLU, dr. I Made Suasa

Lebih lanjut, Kasi Humas RSUD KLU Mahsun menjelaskan, pelayanan rawat inap, pelayanan intensif, pelayanan obat-obatan, serta pelayanan sarana dan prasarana tetap dilaksanakan normal seperti biasa. Namun, untuk pelayanan  konsultasi, dokter spesialis, dan pelayanan rujukan, dapat dilakukan melalui saluran telepon. 


"Begitu kemarin hasil rapat kami, ada beberapa hal memang yang mesti kita atur sesuai dengan kondisi lebaran. Tapi ada juga beberapa pelayanan yang tetap dilaksanakan seperti biasa. Misalnya, pelayanan intensif, rawat inap, dan obat-obatan," jelas Mahsun. 


"Ada juga pelayanan seperti konsultasi atau pelayanan dokter spesialis itu kita lakukan melalui saluran telepon, sehingga dapat mempermudah pasien maupun dokter dalam kondisi mudik seperti ini," tambahnya. 


Mahsun menegaskan, komitmen RSUD KLU tetap memberikan layanan prima bagi masyarakat Lombok Utara. Lantaran, layanan kesehatan termasuk layanan yang paling vital dalam kebutuhan masyarakat. (tri/daily)

Terkini