Iklan

, Juni 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-26T12:19:05Z
NasionalPolitik

Maksimalkan Pelayanan, Sabri Angkat dan Kukuhkan PJ dan Pelaksana Program di PKM Kayangan | Daily Lombok

Prosesi Pengukuhan

Daily Lombok Utara - Kepala Puskesmas Kayangan, Sabri, melakukan rotasi sekaligus mengangkat Kepala Tata Usaha (KTU) baru dan mengukuhkan Penanggung Jawab (PJ) dan Pelaksana Program di Puskesmas Kayangan, Kamis (22/6/2023). Hal tersebut dilakukan Sabri, guna memaksimalkan pelayanan kesehatan yang dilakukan Puskesmas Kayangan kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan Sabri saat ditemui media, pada Kamis (22/6/2023) usai proses pengukuhan dan pelantikan tersebut. 


"Selama ini, angka kunjungan masyarakat di PKM (singkatan puskesmas) Kayangan cenderung kecil, ini salah satu indikator ada kesalahan dalam sistem pelayanan. Oleh karena itu saya coba melakukan rotasi untuk memaksimalkan pelayanan itu," terang Sabri. 


Selain minimnya kunjungan, Sabri menemukan ada pembagian tugas yang tidak merata sehingga beban kerja masing-masing petugas nampak timpang. Ada beberapa program dipegang dan dilaksanakan satu orang, ada juga beberapa petugas yang tidak memiliki program yang harus dikerjakan. 


Prosesi pengukuhan

"Oleh karena itu, saya lakukan ini guna pemerataan beban kerja sehingga tidak ada yang sibuk sendiri, dan tidak ada yang bengong sendiri. Semuanya kerja, yang beban kerjanya berlebihan kita kurangi, yang beban kerjanya kurang kita tambahkan," tuturnya. 


Lanjut Sabri, dalam pencatatan pasien ke aplikasi P-Care Kunjungan Sehat BPJS misalnya, ribuan data pasien hanya ditangani oleh satu orang. Sementara kemampuan terbatas, sehingga banyak catatan yang diduga tertinggal. Sehingga tercatat hutang entri kunjungan pada Bulan Mei 2023 kemarin di PKM Kayangan sejumah 8000 entri peserta. 


"Dulu yang tangani satu orang, sekarang kita bentuk tim, agar mereka lebih maksimal, dan tidak ada catatan-catatan yang tertinggal," tegasnya. 


Ia mengungkapkan, memang masih banyak kekurangan dari segi fasilitas maupun pelayanan di Puskesmas Kayangan sehingga menurutnya, kekurangan-kekurangan tersebut menjadi tantangan dan tugasnya untuk dilengkapi. (tri/daily)

Terkini