Iklan

, Februari 04, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-04T07:08:28Z
LingkunganNasionalPendidikan

SMAN 1 Tanjung Gelar Donor Darah, Peringati Hari Jadi Ke-36 | Daily Lombok

 

Kepala SMAN 1 Tanjung, Fatmawati, saat mendonorkan darahnya

Daily Lombok Utara - Puluhan barisan orang dari unsur civitas akademika SMAN 1 Tanjung dan masyarakat umum memenuhi kursi antrean untuk mendonorkan darah mereka. Kegiatan donor darah ini dilakukan pihak SMAN 1 Tanjung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 1 Tanjung yang ke-36. Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu (4/2/2023) di Laboratorium Kimia SMAN 1 Tanjung. 


Kegiatan sosial ini dilakukan SMAN 1 Tanjung bekerja sama dengan PMI Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan didukung oleh Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Lombok Barat. Doketahui, hingga tengah hari, telah terkumpul sejumlah 32 kantong darah, dari 42 orang yang telah mendaftarkan diri sebagai pendonor. 10 orang di antaranya belum memenuhi persyaratan medis. 


Kepala SMAN 1 Tanjung, Fatmawati, menjelaskan tujuan dari kegiatan donor darah ini. Menurut wanita yang juga menjabat sebagai Ketua PMI KLU ini, PMI telah bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk menjaring pembentukan komunitas pendonor. 


"Mengapa di sekolah? karena yang dijaring adalah siswa yang nantinya akan menjadi anggota komunitas pendonor. Masa donor produktif siswa relatif panjang, karena mereka masih sangat muda," jelas Fatmawati. 


Para siswi juga ikut terlibat mendonorkan darah mereka

Selain itu, saat ini di Lombok Utara sudah tersedia Unit Transfusi Darah yang ada di RSUD KLU. Sihingga ke depan pastinya PMI KLU akan bekerja sama dengan RSUD KLU guna memenuhi kebutuhan darah masyarakat setempat. 


"Mendonorkan darah, sejatinya kita menyumbangkan nyawa bagi orang yang membutuhkan. Setetes darah kita adalah harapan hidup bagi mereka," ucap Fatmawati dengan sedikit puitis. 


Menurut Fatmawati, PMI KLU dan sekolah-sekolah akan menjalin kerja sama yang lebih bersifat reguler, sehingga terjadi kolaborasi yang masif antara kedua pihak, bukan hanya bekerja sama saat ada kegiatan insidentil seperti HUT ini. 


"Pihak PMI akan berkerja sama dengan sekolah-sekolah, kalau bisa nanti bentuknya program reguler, sehingga tidak seperti sekarang kalau ada event-event saja, kita ingin lebih masif," katanya. 


Istri Ketua DPRD KLU Ny. Suci Artadi juga ikut melakukan donor darah

Sementara itu, mengenai peringatan HUT SMAN 1 Tanjung, Fatmawati menegaskan, berbagai rangkaian kegiatan menuju hari puncak peringatan telah dilakukan pihaknya. Rangkaian-rangkaian tersebut di antaranya menyelenggarakan Lomba Debat Bahasa Indonesia antar SMA sederajat se-KLU, kemudian Lomba Karya Tulis Ilmiah, Donor Darah, Bantuan Sosial, Jalan Sehat, hingga sparing olahraga antar sekolah. 


"Berbagai rangkaian kita sudah lakukan, awalnya kita mau lombakan beberapa cabang olahraga, tapi terkendala dengan persiapan atlet menuju Porprov NTB sebentar lagi, hingga kita hanya melakukan sparing atau pertandingan persahabatan antar sekolah," terang wanita yang juga menjabat Bendahara KONI KLU ini. 


Hadir pula pada kegiatan tersebut Istri Ketua DPRD KLU Artadi, Ny Suci Artadi. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Siswa-siswa yang juga mengikuti kegiatan tersebut merasa antusias. (tri)

Terkini