Iklan

, Juli 05, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-05T11:20:17Z
NasionalPariwisataPolitikSeni Budaya

Roadshow di KLU, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTB Gelar Baksos | Daily Lombok

 

Pj. Ketua PKK Ny. Dessy Hasanuddin saat menyerahkan sacara simbolis bantuan kepada Ketua TP PKK Desa Sambik Bamgkol

Daily Lombok Utara- Ketua TP-PKK KLU Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu menerima kunjungan roadshow Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTB Ny. Dessy Hassanudin dalam rangka Bakti Sosial Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) bertempat di Desa Sambik Bangkol Kecamatan Kayangan (5/6). 



Dimana dalam kunjungan pertama di KLU Pj. Ketua TP PKK NTB didampingi oleh Wakil Ketua I Hj. Lale Gita Ariadi, serta para pengurus PKK NTB. 



Dalam sambutan penerimaannya Ketua TP PKK KLU Hj. Galuh menyampaikan ucapan selamat datang di Lombok Utara, dimana KLU pada tanggal 21 Juli nanti genap berusia 16 tahun. 



" Sebagai daerah termuda di Provinsi NTB Lombok Utara memiliki 43 desa salah satunya yakni Desa Sambik Bangkol,"katanya.




Lebih lanjut kata Hj. Galuh Bakti sosial tim PKK dalam rangka peringatan HKG PKK ke 52 tahun 2024, dimana terpilihnya Desa Samba sebagai lokasi dikarenakan angka stunting masih tinggi.




Sementara itu Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTB Dessy Hassanudin menyampaikan salam perkenalan, sebagai orang yang baru diberikan amanah di NTB tentunya perlu untuk melakukan silaturahmi ke setiap kabupaten/kota di Provinsi NTB. 



 "Sebelumnya kami diberikan amanah di Sumatera Utara,ini menjadi kunjungan pertama kami di Lombok Utara,"katanya.


Pj. Ketua PKK Provinsi NTB saat menyerahkan sembako pada lansia




Pada peringatan HKG PKK ke 52 mengusung tema "Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” tema yang diangkat sejalan dengan 10 program Gerakan PKK.



PKK berperan aktif dalam pembangunan terutama dalam peningkatan sumber daya manusia serta selalu tanggap dalam mengatasi persoalan. 



Kegiatan Roadshow juga mengacu pada SK Gubernur NTB tentang pemetaan desa prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem di NTB, dimana jumlah desa masuk dslam kemiskinan ekstrem di NTB sekitar 100 desa, delapan diantaranya ada di KLU. 



Dalam mengatasi kemiskinan ekstrem PKK bersama Pemerintah NTB memberikan bantuan berupa paket sembako dengan sasaran yakni warga lansia perempuan kepala keluarga dan stunting. 



Bantuan diberikan sebagai upaya untuk keluar dari kemiskinan ekstrem,tentunya kita harapkan tidak hanya fokus pada bantuan tetapi harus menggerakkan potensi lokal dan sumber daya manusia. 



"Bantuan yang diberikan dapat agar di manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kosumsi keluarga," harapnya. 



Untuk stunting sendiri sekitar 50 deea dengan verpalensi stunting di NTB tiga diantara berada di KLU, dimana penyebab stunting sendiri  tidak hanya persoalan gizi tetapi juga pola asuh, keluarga, lingkungan sanitasi rumah tangga. 



Lebih Lanjut kata Dessy dalam rangka mensukseskan bakti nasional polio dimana para kader diharapkan untuk mendata kembali anak yang berusia 0-7 tahun agar  mendapatkan imunisasi. 



"Imunisasi polio akan di laksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024,"jelasnya.(rry/daily)

Terkini