Iklan

, Juni 21, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-22T12:38:19Z

Pemda KLU Gelar Upacara Paripurna dan Hari Lahir Pancasila | Daily Lombok

Suasana Pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara Paripurna yang dirangkaikan dengan Upacara Hari Kelahiran Pancasila


Daily Lombok Utara - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan Upacara Paripurna Bulanan yang dirangkaikan dengan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Bertempat di halaman kantor Bupati (21/6/2024).


Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi S.STP.,MM., sedangkan untuk pemimpin Upacara Kasubag pada Dinas Kesehatan KLU Mijono, S.Sos dan Perwira Upacara Sekdis LH Drs. I Dewa Gede Purwa. 



Upacara paripurna diikuti oleh  para Staf Ahli Bupati,para Asisten Setda KLU, Kepala OPD dengan peserta upacara ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemda KLU. 




Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi dalam amanatnya menyampaikan upacara paripurna reguler setiap bulan yang mana  dirangkaikan dengan peristiwa bersejarah yakni Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. 




"Hari ketika bung karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan,"katanya.



Pancasila sebagai ideologi Ngara Indonesia, dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, pancasila digali dari nilai luhur budaya, bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal.


Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi saat membacakan amanat Upacara



Masih kata Anding Pancasila seharusnya senantiasa di jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia.


"Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,"katanya.



Pada peringatan hari lahir pancasila tahun 2024  mengambil tema Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045 tema tersebut mengandung arti  menyatukan  dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.



"Saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,"tandasnya.




Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan sekarang Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.



"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi, terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,"katanya.




Sekda Anding juga mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa meningkatkan kinerja, inovasi, motivasi serta kompetensi diri untuk berpartisipasi mendukung percepatan program dan kegiatan pembangunan yang sedang kita galakkan di tahun 2024, dengan langkah-langkah yang tepat guna serta pendekatan-pendekatan yang relevan.


Para peserta upacara yang terdiri dari PNS, PPPK, Tenaga Non ASN Lingkup Pemda KLU



Banyak program dan kegiatan pembangunan yang membutuhkan partisipasi aktif semua pihak dalam rangka mengerek pembangunan agar berjalan dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan visi misi dan kebijakan strategis pimpinan daerah, guna mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. 



"Implementasi pembangunan perlu dilandasi oleh pola pikir transformatif dan progresif yang ditunjukkan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan evaluasi program pembangunan,"tutupnya.(rr/daily)

Terkini