Iklan

, Maret 08, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-30T18:12:40Z
EkonomiNasionalPolitik

Wakil Ketua I DPRD KLU: Pendekatan Politik Bisa jadi Cara Ampuh Raih Program-program Pusat | Daily Lombok

Wakil Ketua I DPRD KLU Burhan M. Nur

Daily Lombok Utara - Wakil Ketua I DPRD KLU Burhan M. Nur menyarankan agar pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Lombok Utara (KLU) lebih proaktif menjemput program-program yang ada di pemerintah pusat. Hal ini dikatakan Burhan usai melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Sosial RI dan kantor Kementerian Desa PDTT beberapa waktu lalu. 


"Ternyata program di pusat itu banyak sekali, asal kita bisa lebih aktif menjemputnya," ujar Burhan. 


Anggota Fraksi Demokrat tersebut mengatakan, program-program di Kementerian Sosial terutama itu adalah program-program yang langsung menyentuh masyarakat. Itu sebabnya, perlu menjadi perhatian pemerintah daerah. 


Ia menyoroti beberapa daerah lain seperti Bayuwangi misalnya kerap menjadi langganan program-program pusat. Hal itu, kata burhan, tidak lepas dari peran aktif mereka menjemput program. 


"Banyuwangi itu dapat terus, iri kita ligat. Tapi memang mereka aktif luar biasa menjemput program-program itu," kata Dewan asal desa Santong itu. 


Menurutnya, pendekatan politik juga diperlukan untuk menjangkau program-program tersebut. Pihak Kementerian Sosial mengarahkannya untuk langsung bertemu Komisi VIII DPR RI, karena komisi tersebut yang membidangi urusan sosial. 


"Kita perlu pendekatan politik. Di Komisi VIII kebetulan ada anggota DPR kita dari Lombok yang separtai dengan kita yaitu H. Nanang Samudera. Beliau bisa kita mintai bantuan," ujarnya, Kamis (7/3/2024). 


Menurut Burhan, pihak pemerintah daerah harus menseriusi hal ini, agar program-program pusat tersebut dapat bermanfaat untuk gumi Dayan Gunung. (tri/daily)

Terkini