Iklan

, Agustus 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-03T02:43:36Z
NasionalPendidikan

Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unram Adakan Matrikulasi dan Kuliah Umum | Daily Lombok

Para mahasiswa baru saat mengikuti kuliah umum dan matrikulasi

Daily Mataram - Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) melaksanakan kegiatan Kuliah Umum sekaligus Matrikulasi bagi mahasiswa baru program pascasarjana tersebut, pada Kamis (3/8/2023). 


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FKIP Unram Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., didampingi oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Dr. Burhanuddin, M.Hum., Sekertaris Prodi Dr. Aswandikari, M.Hum., dan beberapa dosen hingga staf administrasi,  dan diikutsertai sejumlah 35 orang mahasiswa baru. 


Dalam sambutannya, Zulkifli mejelaskan terkait pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh mahasiswa, terlebih mahasiswa pascasarjana. Ia menyebutkan, mahasiswa setidaknya memiliki critical thinking, inovatif, dan kolaboratif. Selain itu, lanjut Zulkifli, mahasiswa harus mampu mengembangkan diri dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 


"Sebagai mahasiswa, adik-adik semua harus memiliki critical thinking, kemudian inovatif, dan kolaboratif. Selanjutnya harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri," ujarnya. 


Zulkifli berharap, para mahasiswa baru agar serius dalam menjalani proses perkuliahan, sehingga hasil yang didapat tidak mengecewakan. Ia juga menambahkan beberapa nasihat sebagai wejangan kepada para mahasiswa baru. 


Di tempat yang sama, Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unram Dr. Burhanuddin, M.Hum., menjelaskan beberapa teknis umum dalam proses perkuliahan yang akan dijalani oleh para mahasiswa baru. Di antaranya, terkait dengan jadwal perkuliahan dan pembagian kelas. Pasalnya, mahasiswa baru program pascasarjana tidak hanya berasal dari mahasiswa jalur reguler. Dari 35 mahasiswa baru, sejumlah 15 orang merupakan mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Fast Track


"Mahasiswa yang jalur reguler rencananya kita akan jadwalkan sore, dan untuk mahasiswa fast track akan kita jadwalkan pagi. Karena mahasiswa fast track, diutamakan untuk menyelesaikan kewajibannya di S1 terlebih dahulu," ujar Burhanuddin. 


Burhanuddin juga menjelaskan, ada perubahan pada penerapan kurikulum. Pada kurikulum baru ini, mahasiswa dimungkinkan untuk menyelesaikan studi dengan waktu yang lebih cepat, dan teknis perkuliahan akan dilangsungkan dengan dua sistem, yaitu tatap muka dan dalam jejaring. 


"Dengan kurikulum baru ini didesain perkuliahan diharapkan dapat diselesaikan mahasiswa dalam dua semester. Sehingga dapat mulai mengerjakan tugas akhir di akhir semester dua atau di awal semester tiga," urainya. 


Ia juga menegaskan agar para mahasiswa baru untuk segera memenuhi skor bahasa Inggris atau TOEFL yang dijadikan sebagai persyaratan ujian akhir.


Kuliah umum ini sendiri, diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unram  dengan menghadirkan Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., dari UNS Surakarta sebagai narasumber. (tri/daily)

Terkini