Iklan

, Juni 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-18T08:05:52Z
NasionalPariwisataPendidikanSeni Budaya

Pasir Putih Launching 15 Film Komik dan Buku Komik Cerita Rakyat, Transformasi Folklor di Era 4.0 | Daily Lombok

Muhammad Sibawaihi saat memberikan sambutan

Daily Lombok Utara - Bekerja sama dengan Dananesia yang dikelola LPDP dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yayasan Pasir Putih berhasil meluncurkan 15 Film Komik dan Buku Komik Cerita Rakyat Lombok Utara. Peluncuran tersebut digelar Pasir Putih pada Sabtu (17/6/2023) di Taman Fantasi, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU). 


Menurut Muhammad Sibawaihi, Direktur Program Pasir Putih yang sekaligus berperan menjadi Produser dalam peluncuran 15 Film Komik dan Buku Komik tersebut, hal ini bermula dari keresahan para budayawan dan pemuda terhadap degradasi tradisi yang terjadi. Khusunya pada sektor Folklor atau yang kerap dikenal sebagai tradisi lisan. Fenomena degradasi ini, ditengarai muncul akibat perubahan zaman dan kemajuan teknologi, di satu sisi para penutur juga sudah banyak berkurang terjemput usia. 


"Saat kita masih anak-anak, kita kerap mendengar waran (cerita rakyat) dari orang tua kita sebelum tidur. Saat ini hampir tidak ditemui hal tersebut dalam masyarakat kita, waran yang sarat akan nilai kehidupan tersebut sudah tereliminasi oleh telepon pintar canggih, yang justru berpotensi menjauhkan anak-anak kita dari nilai luhur," ujar Sibawaihi. 


Diskusi kebudayaan usai pemutaran film

Ia menyatakan, peluncuran film komik dan buku komik ini merupakan transformasi waran ke dalam bentuk digital, sehingga nilai-nilai luhur dalam waran setidaknya tidak turut terdegradasi kecanggihan zaman. 


Ditemui di lokasi kegiatan, Sutradara Peluncuran 15 Film Komik dan Buku Komik Cerita Rakyat tersebut, Alya Maolani menuturkan, kegiatan transformasi waran yang dilakukan pihak Pasir Putih ini, didasari oleh upaya pelestarian budaya atau tradisi lisan sebelumnya yang dilakukan salah satu tokoh budayawan KLU Kamardi.


Lanjut Alya, Kamardi telah melakukan pemetaan dan penghimpunan waran sejak Tahun 2019 lalu, dari seluruh kecamatan di Lombok Utara. Alhasil, Kamardi berhasil menginventarisir 27 waran di Lombok Utara. 


"Tahun 2019, ayahanda kami bapak Kamardi, berhasil mengumpulkan sejumlah 27 cerita rakyat di KLU. Pada 2021 kami dari Pasir Putih juga menggelar pameran Bale Data. Nah, salah satu seni yang kami tampilkan dalam pameran tersebut itu ada komik dan cerita rakyat, sehingga ini kami kolaborasikan dan transformasikan ke dalam media yang lebih familiar dengan milenial," kata Alya. 


Alya menyebutkan, dalam peluncuran film komik ini, berbagai budayawan serta seniman pun ikut terlibat. Di antaranya seniman media, seniman perupa, dan berbagai seniman lainnya, sehingga memunculkan sebuah karya kolaboratif dari kerja kolektif. 


Selebihnya, lanjut Alya, setelah kegiatan ini Pasir Putih akan melakukan roadshow pemutaran film komik di 9 titik se KLU, mulai sari Kecamatan Pemenang hingga Bayan. Selain itu, nantinya ada rencana serupa yang akan digelar di Taman Budaya NTB, dengan kuantitas waran yang lebih besar. 


"Setelah ini nanti kami akan adakan pemutaran film keliling di sembilan titik selain tempat ini (Taman Fantasi), mulai dari Desa Malaka (Pemenang) dan nanti akan berakhir di Desa Karang Bajo (Bayan) pada 26 Juni," tambah Alya. 


Penasihat Sutradara Kamardi (kiri) dan Sutradara Alya Maolani (kanan) saat diwawancara sebelum pemutaran film

Sementara itu, Tokoh Budayawan Dayan Gunung (nama lain Kabupaten Lombok Utara) Kamardi, mengapresiasi kegiatan peluncuran film komik ini. Ia mengungkapkan rasa bangga dan haru terhadap kegiatan yang dilakukan Pasir Putih tersebut. Pasalnya, di tengah massifnya degradasi budaya di era 4.0 ini, masih ada komunitas-komunitas yang  aktif melestarikan budaya tersebut. 


"Satu hal yang penting bagi kami, kami mengapresiasi kerja-kerja kebudayaan yang dilakukan kawan-kawan. Ini adalah bagian dari bingkai cita-cita kami di 2019 dulu saat menginventarisir waran di Lombok Utara," ungkap Kamardi. 


Tokoh yang sekaligus berperan sebagai Penasihat Artistik dalam kegiatan peluncuran film komik ini menyatakan, masih banyak waran-waran atau cerita rakyat di Lombok Utara yang belum terakomodir untuk diinventarisir. Ia berpesan, agar Pasir Putih tetap konsen mengawal waran sebagai salah satu warisan folklor KLU, sehingga ke depan jumlah data waran yang dapat lebih banyak terangkum. 


"Saya berpesan agar adik-adik ini tetap konsen, terus gali lagi waran-waran ini ke masyarakat, sekaligus melakukan sosialisasi budaya. Jika semua waran kita sudah terinventarisir kita tidak perlu resah tradisi kita akan punah, karena ini bentuk pelestarian yang kita lakukan," tutupnya.


Dalam kegiatan peluncuran film komik tersebut hadir ratusan undangan dari berbagai unsur di antaranya para budayawan KLU, instansi pemerintah terkait di KLU pun dari Provinsi NTB dan Kementerian. (tri/daily)

Terkini