Iklan

, Maret 15, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-15T04:18:50Z
EkonomiLingkunganNasionalPariwisataPendidikan

Penanaman Pohon, PLTMH Segara II, Pemdes Bentek, dan Poktan Gelar Musyawarah | Daily Lombok

Foto bersama usai musyawarah


Daily Lombok Utara - PT Suar Investindo Capital yang menaungi Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) Segara II di Desa Bentek, Kecamatan Gangga KLU, menggelar musyawarah terkait penanaman pohon bersama Pemerintah Desa Bentek, dan Kelompok Tani (Poktan) di desa tersebut, Rabu (15/3/2023). Penanaman pohon tersebut dimaksudkan untuk menunjang ekonomi masyarakat dan penghijauan alam setempat. 


Dalam sambutannya, Supervisor Operating and Maintenance PT Suar Investindo Capital (SIC), Subekhi, mengungkapkan pihaknya melakukan kemitraan dengan kelompok tani guna memajukan tingkat perekonomian masyarakat di Desa Bentek, oleh sebab itu bibit yang diberikan kepada petani juga merupakan bibit buah. Selain itu, penanaman pohon juga merupakan kebutuhan PLTMH Segara II terkait air yang merupakan hal pokok dalam produksi air. 


"Kami bersinergi dengan para petani, ini demi kemajuan ekonomi dan pelestarian alam," tutur Subekhi. 


Pembagian bibit pohon


Sejumlah 1.900 bibit diberikan pihak PT SIC berupa Durian Okulasi 90 bibit, Durian Generatif 1.000 bibit, Mangga 230 bibit, Mente 230 bibit, Juwet 230 bibit, Jamplung 80 bibit, dan Mahoni 80 bibit. Semua bibit tersebut semua pohon akan ditanam di lahan-lahan petani. 


"1.900 bibit kami distribusikan, semoga ini menjadi sinergi yang baik antara kami dan petani," harapnya. 


Kepala Desa Bentek, Warna Wijaya, mengapresiasi pihak PLTMH Segara II, menurutnya hal ini diperlukan oleh masyarakat, khususnya kelompok tani. Kendati demikian, pria berjuluk "Kades Bergigi" tersebut juga meminta kepada semua pihak perusahaan, pemerintah daerah, maupun kelompok tani untuk tetap menjaga kelestarian alam. 


"Semua kita mestinya sadar, bukan hanya buah yang kita pikirkan, tapi kalau tidak ada air buah pun tidak ada. Jadi pelestarian air itu juga mesti diutamakan," jelas Warna. 


"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan PLTMH Segara II. Semoga ke depan sinergitas dengan pemerintah desa dapat terjalin dengan baik," tambahnya. 


Suasana saat musyawarah


Muhammad Ayusi, yang mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) KLU, Tresnahadi, menyebutkan, dinas berkewajiban  memberikan dukungan dan pendampingan terhadap para petani, sehingga pada program penanaman kali ini pun pihaknya tetap mendukung. 


"Kami mendukung hal ini, semuanya demi kebaikan masyarakat ke depan. Dinas berkewajiban melakukan pembinaan terhadap petani kita, dan banyak inovasi yang lahir di bidang pertanian saat ini," ujarnya. 


Sementara itu, salah satu anggota kelompok tani, Sudiarti, meminta kepada pihak PLTMH Segara II, agar lahan kosong di seputaran wilayab PLTMH ditanami dengan tanaman keras, sehingga dapat menjadi lahan hijau dan konservasi utnuk produksi air dan oksigen. 


Menanggapi hal tersebut, pihak PLTMH Segara II menyatakan, telah melakukan pemetaan menjadi delapan blok area di wilayah PLTMH dan itu telah direncanakan memang untuk penanaman pohon keras sebagai penyangga air dan oksigen. (tri/daily)

Terkini