Iklan

, Desember 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-12T16:20:27Z
EkonomiLingkunganNasional

Hingga Dinihari, PDAM KLU Pasang Pompa Booster Guna Penuhi Kebutuhan Air Bersih Menggala | Daily Lombok

Pemasangan pompa booster untuk wilayah desa Menggala, Pemenang

Daily Lombok Utara - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Amerta Dayan Gunung Kabupaten Lombok Utara (KLU) mulai memasang pompa booster untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Pemenang, khususnya desa Menggala. Hal ini dilakukan PDAM KLU sesuai dengan hasil kesepakatan saat hearing remaja masjid Menggala ke kantor PDAM KLU beberapa waktu lalu. 


"Ini adalah kesepakatan kita saat hearing dulu, jadi ini bentuk komitmen kami terhadap pelayanan air bersih di KLU. Semoga ini dapat menjadi solusi yang tepat khususnya bagi masyarakat Menggala," ungkap Direktur PDAM KLU Firmansyah. 


Firmansyah menuturkan, pompa booster ini telah dipasang mulai dari Selasa siang hingga Rabu dini hari (12-13/12/2023). Pemasangan pompa ini memakan waktu yang cukup panjang lantaran beberapa perangkat teknis mesti dikerjakan secara detil. Teknisinya pun menggunakan teknisi khusus dari Jakarta. 


Dirut PDAM KLU Firmansyah menujukan kontrol panel mesin pompa booster

Pompa booster ini, dipasang PDAM KLU lengkap beserta kontrol panel yang menggunakan tenaga listrik hingga 16.000 KVA. Kontrol untuk operasi pompa booster ini sepenuhnya dapat dikendalikan melalui aplikasi di android. 


"Ini kontrolnya berbasis android, jadi pompa ini bisa kita aktifkan dan kendalikan melalui HP," jelas Firman. 


Ditemui di lokasi pemasangan pompa di dusun Telaga Wareng pukul 01.00 dinihari, Firmansyah menyatakan, pompa ini akan diujicoba sebelum diaktivasi secara penuh. Jika pipa ini diaktifkan dan tidak mengganggu distribusi air di wilayah lain, pompa ini bisa diaktifkan di siang hari. Namun, jika mengganggu maka akan dilakukan aktivasi pada malam hari. 


Pemasangan pompa booster hingga dinihari

"Hari ini sudah bisa kita ujicoba, kalau nanti siang tidak terganggu distribusi air di wilayah lain kita akan aktifkan juga siang hari," terangnya. 


Sementara itu, Asisten Manajer Transmisi dan Distribusi (Transdit) PDAM KLU Sakaki menyatakan, pompa booster ini akan diaktifkan dengan berjadwal. Sementara kondisi debet air di sumber bisa normal kembali. 


Meski nanti debet air kembali normal, pompa booster ini akan tetap dipasang di wilayah ini mengantisipasi kondisi serupa dapat terjadi di tahun-tahun mendatang. 


"Kita akan siagakan pompa ini di sini, dan untuk pendistribusian air kita akan jadwalkan, sementara menunggu debet di sumber normal," papar Sakaki. 


Ia berharap, agar kebutuhan air masyarakat ke depan dapat terpenuhi secara teratur dan maksimal. (tri/daily)

Terkini