Iklan

, Oktober 30, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-30T07:44:48Z
LingkunganNasionalPariwisataPendidikanPolitikSeni Budaya

HUT Ke-111 Desa Bentek, Wabup Danny Puji Inovasi Desa | Daily Lombok

Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter FR. saat memberikan sambutan

Daily Lombok Utara - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter FR memuji desa Bentek sebagai desa yang maju dan mandiri dengan inovasinya. Berbagai inovasi telah lahir dari desa yang berada di sempadan sungai Lokoq Segara, Kecamatan Gangga ini. Pujian tersebut dilontarkan Danny saat memberikan sambutan pada puncak perayaan ulang tahun (HUT) desa Bentek yang ke-111, yang berlangsung di halaman kantor desa Bentek, Senin (30/10/2023). 


Beberapa inovasi dari desa Bentek tersebut bahkan mendapat juara tingkat provinsi. Khususnya bidang kesehatan dan lingkungan. Seperti jambanisasi total, pelaksanaan lima pilar STBM, dan program "Selingkuh" yaitu sayangi lingkungan hidup. Desa bentek juga dikenal dengan kemajuannya dalam pengelolaan sampah. 


"Banyak sekali inovasi di desa Bentek ini, ini hal yang luar biasa. Bahkan ada yang juara tingkat provinsi, saya harap ini semua mesti terus ditingkatkan," harap Danny. 


Tidak lupa, atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU), Danny mengucapkan selamat hari jadi yang ke-111 bagi desa Bentek. Ia menyatakan desa mandiri ini sebagai salah satu contoh desa yang memiliki perkembangan baik di Lombok Utara. 


Kepala Desa Bentek Warna Wijaya

Kepala Desa Bentek, Warna Wijaya, dalam sambutannya pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam mensukseskan peringatab HUT desa Bentek yang ke-111 ini. Ia turut mengundang 111 undangan sesuai dengan angka tahun lahir desa tersebut. 


Menurut Wijaya, desa tidak mungkin bisa dibiayai hanya dari dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) saja. Sehingga desa membutuhkan mitra atau partner lain sebagai sumber pendanaan program desa. 


"Dengan DD dan ADD saja, pembiayaan RPJMDes tidak akan cukup. Oleh sebab itu, memenuhi pelaksanaan program kita, mesti kita rangkul pihak-pihak lain, misalnya seperti pemerintah pusat, DPRD kabupaten maupun provinsi. Atau perusahaan," jelas Wijaya. 


Ia menegaskan peran penting DPRD yang ada di desa Bentek dalam partisipasinya membangun desa. Keberadaan empat anggota DPRD (kabupaten dan provinsi) teraebut, dinilainya vital. 


Para tamu undangan

"Ada empat dewan kita di sini, semuanya berkontribusi dalam pembangunan desa, oleh sebab itu, semoga pada pemilihan tahun depan semakin banyak warga kita yang sukses menjadi dewan," tambah Wijaya. 


Kegiatan puncak peringatan HUT desa Bentek ke-111 tersebut, selain Wabup Danny, juga dihadiri oleh Asisten I Pemda KLU, Aggota DPRD Provinsi NTB, Anggota DPRD KLU, Kapolres Lotara, Dandim 16/06 Lobar, Kepala OPD lingkup Pemda KLU, tokoh agama, tokoh adat, dan para kepala desa tetangga. 


Kegiatan tersebut, diiringi dengan berbagai penampilan kesenian seperti hadroh, qasidah, dan tari Sireh. Adapun pembacaan hikayat singkat perjalanan sejarah desa Bentek, serta pemberian penghargaan kepada putra desa Bentek yang berprestasi. (tri/daily)

Terkini